Minggu, 25 Desember 2011

Tips dan trik bermain basket, check it out

Bagi para pebasket, atau orang  yang ingin belajar bermain basket, atau bahkan ingin menjadi pebasket profesional, ini sekedar tips dari saya, tips dan trik kecil yang pasti akan berguna bagi anda yang ingin bermain basket bahkan buat anda yang telah lama bermain basket.
Di dalam olahraga basket banyak aturan-aturan bahkan istilah yang untuk orang awan biasa tidak mengenalnya. Aturan dan istilah ini kadang menjadi masalah yang sangat besar bagi seorang pebasket, karena jika kita menganggap aturan atau istilah yang ada hanya sekedar masalah kecil hal itu akan berdampak pada performa anda yang senang bermain atau bahkan berada dalam kompetisi yang besar.
Basket yang kita tahu adalah olahraga yang mengolah bola dengan menggunakan tangan kita. Mengolah bola itu hingga kita berusaha memasukkannya ke ring yang mana kita akan mendapat angka atau ” point “.
Tips dan trik buat anda yang ingin bermain basket dan para pebasket :
- SHOOT
cara untuk melakukan SHOOT yang baik adalah dengan memegang bola basket pas mengenai seluruh permukaan tangan ( berusaha memegang senyaman mungkin dengan kedua tangan ). Fokuskan arah bola dengan RING, ambil posisi kaki yang menekuk 15 derajat, ayunkan tangan anda yang sudah memegang bola berada di atas kepala anda dan lemparlah bola bersamaan dengan posisi kaki yang menekuk tadi berubah menjadi tegap berdiri dan melompat.
- LAY UP
Di dalam basket kita pasti akan mengenal istilah LAY UP. Lay up adalah cara untuk memasukkan bola basket dengan step-step yang benar. Cara untuk melakukan lay up yang benar adalah dengan menggiring bola sampai pada kita bisa menjangkau ring setelah itu kita pergerakkan 3 langkah yang dimana langkah ke-3 adalah dengan melompat di udara dengan bola dan dimasukkan ke dalam ring. Biasanya step lay up sangat riskan untuk melakukan kesalahan.
- DUNK !!
DUNK adalah cara dimana pemain basket memasukkan bola basket ke dalam ring dengan jarak yang sangat dekat. Tips untuk melakukan dunk yang beraneka-ragam style adalah tergantung lompatan yang anda miliki. Biasanya pemain yang memiliki lompatan yang cukup tinggi akan mudah untuk memvariasikan gaya dunk. Contohnya, biasanya gaya dunk yang paling memiliki teknik yang luar biasa tinggi yaitu dengan melakukan 360 derajat REVERSE dunk !! it’s amazing dunk i have known !! biasanya hanya bisa dilakukan dengan sempurna oleh KOBE BRYANT dan tentunya poineer basket terkenal Michael Jordan. Ada juga dunk 180 derajat memutar, ONLY REVERSE dunk, AIR WALK ( jalan di udara ) dan masih banyak lagi.
Tips untuk anda yang ingin melakukan dunk dengan sempurna ( basic dunk ):
1. Ambil posisi anda dengan nyaman untuk melakukan dribble menuju ring.
2. Lakukan dribble anda dari posisi ring yang jauh dengan anda.
3. Optimalkan step anda dan dribble anda agar anda bisa melakukan lompatan menuju ring dengan tepat agar bisa menjangkau ring sedekat mungkin.
4. Setelah di udara dan berhadapan langsung dengan ring, masukkan bola ke dalam ring, lakukan sekeras apapun anda ingin memasukkan bola, karena DUNK bisa membawa SPIRIT tim.
Trik !!
* lakukan REVERSE lay up untuk mengelabui dan melewati center lawan anda, dengan melakukan REVERSE anda pun bisa melewati 2 center sekaligus.
* pick n roll sangat berguna bagi anda yang berprofesi sebagai playmaker. Pick n roll ini berfungsi untuk menghalangi lawan dengan bantuan teman agar anda bisa masuk ke dalam ring ( drive in ) lebih dekat dengan ring dan akan mudah untuk memasukkan bola karena musuh anda telah terhalangi oleh teman anda.

0 comments:

Posting Komentar